Kanal

Network

Logo sinaracehbaru.com
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
sinaracehbaru.com Facebook
sinaracehbaru.com Twitter
sinaracehbaru.com Instagram
sinaracehbaru.com YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2024 sinaracehbaru.com
Allright Reserved

Pj. Sekdakab Aceh Selatan Hadiri Rakor Pengendalian Inflasi Daerah

Oleh
Senin, 11 Desember 2023 - 10:42 WIB

Tapaktuan, SAB: Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Aceh Selatan Ilham Sahputra, S.STP, M.Si menghadiri rapat koordinasi (rakor) secara virtual dengan kementerian dalam negeri (kemendagri) Republik Indonesia, di Ruang Vidcon Lt.II Setdakab, Tapaktuan, Senin (11/12/2023).

Turut dihadiri oleh Pj. Sekda Ilham Sahputra, S.STP, M.Si, Plt. Asisten II Setdakab, Kabag Ekonomi, Ka. Bappeda Kabupaten Aceh Selatan dan Kepala SKPK terkait.

Dalam hal ini, Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, mengatakan saat ini tren inflasi yang semakin meningkat pada Desember 2023, dalam lima tahun terakhir yakni 2018, selalu terjadi inflasi pada bulan Desember,

Oleh sebab itu inflasi Desember lebih tinggi dibandingkan inflasi November, dan ini perlu kita waspadai kenaikan harga beberapa komoditas menjelang natal dan tahun baru, antara lain tarif angkutan udara, telur ayam ras dan daging ayam ras.

Berdasarkan data Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (Sp2kp) Kementerian Perdagangan, fluktuasi atau naik turun secara tajam harga komoditas di kab/kota sampai dengan minggu pertama Desember 2023 adalah cabai merah, cabai rawit dan bawang merah, cabai merah adalah komoditas yang flukstuasi harganya cukup signifikan di minggu ke 1 (satu) bulan Desember 2023.

Sementara itu, Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional, Dr. Drs. Nyoto Suwigno, M.M mengatakan tingkat inflasi nasional bulan November 2023 sebesar 2,86% naik dari inflasi bulan Oktober 2023 sebesar 2,56%, komoditas dengan kontribusi tinggi pangan yaitu beras 0,58% dan cabai merah 0,19%.

Bantuan pangan beras efektif menahan laju inflasi pangan, utamanya beras dari 0,7% di bulan maret menjadi 0,02% di bulan mei 2023, dan 5,61% di bulan september menjadi 0,43% di bulan November. Ungkapnya.

Badan pangan nasional (Bapanas) menghimbau kepada masyarakat untuk stop boros pangan dan belanja dengan bijak, ucap Nyoto Suwigno.(*)

Sumber: Diskominfo Asel

Wartawan: Saiful Ameno

 

BERITA LAINNYA

Menanti Pemimpin Aceh Sekelas Prof Ali Hasjmy, Dimurthala, Ibrahim Hasan, dan Syamsuddin Mahmud

Banda Aceh – Sinar Aceh Baru Aceh saat ini menanti sosok Pemimpin yang mampu mengabdi, berkorban tenaga, pikiran, dan waktu

| 2 jam lalu

Dua Pelaku Pidana Narkotika Diamankan Satres Narkoba Polres Aceh Selatan

Tapaktuan – Entah sampai kapan peredaran Narkoba akan berakir.Karena sampai saat ini masih juga ditemukan pelaku penyalahgunaan Narkoba.Seperti kali ini

| 1 hari lalu

Fachrul Razi Bakar Semangat Ratusan Mahasiswa Politeknik Dalam Seminar kewirausahaan

Banda Aceh – Sinar Aceh Baru Senator Fachrul Razi yang juga Ketua Komite I DPD RI bakar semangat mahasiswa Politeknik

| 1 hari lalu

Fachrul Razi Gagas Majelis Pers Aceh (MPA)

Banda Aceh – Sinar Aceh Baru Fachrul Razi Ketua Komite I DPD RI dan Senator Aceh menggagas lahirnya Majelis Pers

| 2 hari lalu

Sekda Kota Langsa Ir. Said Mahdum Majid Launching Klinik Gampong Online Dalam Wilayah Kota Langsa.

Langsa – Sinar Aceh Baru Sekretaris Daerah kota Langsa (Sekda) Ir. Said Mahdum Majid melaunching sekaligus mensosialisasikan aksi perubahan PKA

| 2 hari lalu

Disaksikan Menpora RI Pj Gubernur Aceh Lakukan Penandatanganan PKS Penyelanggaraan PON XXI

Jakarta – Sinar Aceh Baru Demi terlaksananya Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024, telah j dilakukan Penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS)

| 2 hari lalu
Logo sinaracehbaru.com
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
sinaracehbaru.com Facebook
sinaracehbaru.com Twitter
sinaracehbaru.com Instagram
sinaracehbaru.com YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2024 sinaracehbaru.com
Allright Reserved
IKLAN F1
IKLAN IKLAN IKLAN
CONTACT US PT. Sinar Aceh Baru,
Jl. Kasturi No. 7B Gp. Keuramat Kuta Alam Banda Aceh, 23123
Telp: 08126962239