Kanal

Network

Logo sinaracehbaru.com
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
sinaracehbaru.com Facebook
sinaracehbaru.com Twitter
sinaracehbaru.com Instagram
sinaracehbaru.com YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2024 sinaracehbaru.com
Allright Reserved

Pembukaan Musrenbang Kecamatan RKPD Kab. Aceh Selatan Tahun 2025

Oleh
Rabu, 31 Januari 2024 - 11:36 WIB

Tapaktuan, SAB: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan melaksanakan Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2025 tingkat Kecamatan di Aula Setdakab Lt. II, Rabu (31/01/2024).

Dikarenakan Musrenbang adalah salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan dengan tujuan untuk mengakomodir usulan kegiatan dengan pendekatan dari bawah ke atas/bottom up planning.

Untuk Pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2025 tingkat Kecamatan, dilaksanakan di 18 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Selatan.

Kegiatan acara pembukaan ini dihadiri oleh Tim Musrenbang Bappeda-Litbang, Penjabat (Pj) Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma, S.STP di wakili Plt. Asisten II Bidang Ekonomi dan pembangunan, Willy Cahyadi Darwin, S.Sos, Asisten Administrasi umum, Kepala Bappeda, Inspektur Kabupaten Aceh Selatan, Staf Khusus Teuku Mudatsir, para kepala SKPK, sedangkan para Camat hadir mengikuti melalui zoom meeting (during)

Dalam sambutannya, Plt. Asisten II Bidang Ekonomi dan pembangunan, Willy Cahyadi Darwin, S.Sos mengatakan Dokumen RKPD ini nantinya juga merupakan penjabaran tahun kedua dari rencana pembangunan daerah (RPD) tahun 2024-2026.

Berdasarkan instruksi Mendagri nomor 52 tahun 2022, tentang penyusunan dokumen perencanaan dan pembangunan daerah, bagi daerah dengan masa jabatan kepala daerah berakhir pada tahun 2023, dan daerah otonom baru.

Sedangkan Dokumen RPD kabupaten Aceh Selatan 2024-2026 disusun berdasarkan berakhirnya masa jabatan Bupati dan wakil bupati Aceh Selatan periode tahun 2018-2023, pungkas Willy Cahyadi Darwin.

Lanjutnya, pelaksanaan musrenbang kecamatan ini, merupakan lanjutan dari tahapan pelaksanaan persiapan musrenbang desa atau kampung yang telah dilaksanakan pada awal Januari lalu, yang telah menjaring berbagai usulan dari aspirasi masyarakat, terhadap program dan kegiatan yang menjadi kebutuhan dasar atau prioritas.

Dalam kesempatan tersebut juga Pj. Bupati mengajak dan selalu mengawasi tiga prioritas pembangunan saat ini, yakni penurunan angka stunting, penurunan jumlah kemiskinan ekstrim, serta pengendalian inflasi, ketiga program ini memang sedang giat-giatnya kita serukan, supaya mendapat perhatian penuh dari kita semua, ucapnya.

Sementara itu Kepala Bappeda Kabupaten Aceh Selatan Masrizal, SE, M.Si. dalam pemaparan materinya mengatakan bahwa berdasarkan Ranwal RPJP Aceh Selatan Tahun 2025-2045 tahapan pembangunan dibagi kedalam 4 tahap, yakni Tahapan 1 (2025-2029) Pengembangan kualitas SDM disertai daya dukung lingkungan dan ekosistem, Tahapan 2 (2030-2034) peningkatan produktivitas dan hilirisasi, Tahapan 3 (2035-2039) peningkatan daya saing dan Tahapan 4 (2040-2045) Kemandirian Ekonomi, jelas Masrizal. (*)

Wartawan: Saiful Ameno

 

 

BERITA LAINNYA

Menanti Pemimpin Aceh Sekelas Prof Ali Hasjmy, Dimurthala, Ibrahim Hasan, dan Syamsuddin Mahmud

Banda Aceh – Sinar Aceh Baru Aceh saat ini menanti sosok Pemimpin yang mampu mengabdi, berkorban tenaga, pikiran, dan waktu

| 2 jam lalu

Dua Pelaku Pidana Narkotika Diamankan Satres Narkoba Polres Aceh Selatan

Tapaktuan – Entah sampai kapan peredaran Narkoba akan berakir.Karena sampai saat ini masih juga ditemukan pelaku penyalahgunaan Narkoba.Seperti kali ini

| 1 hari lalu

Fachrul Razi Bakar Semangat Ratusan Mahasiswa Politeknik Dalam Seminar kewirausahaan

Banda Aceh – Sinar Aceh Baru Senator Fachrul Razi yang juga Ketua Komite I DPD RI bakar semangat mahasiswa Politeknik

| 1 hari lalu

Fachrul Razi Gagas Majelis Pers Aceh (MPA)

Banda Aceh – Sinar Aceh Baru Fachrul Razi Ketua Komite I DPD RI dan Senator Aceh menggagas lahirnya Majelis Pers

| 2 hari lalu

Sekda Kota Langsa Ir. Said Mahdum Majid Launching Klinik Gampong Online Dalam Wilayah Kota Langsa.

Langsa – Sinar Aceh Baru Sekretaris Daerah kota Langsa (Sekda) Ir. Said Mahdum Majid melaunching sekaligus mensosialisasikan aksi perubahan PKA

| 2 hari lalu

Disaksikan Menpora RI Pj Gubernur Aceh Lakukan Penandatanganan PKS Penyelanggaraan PON XXI

Jakarta – Sinar Aceh Baru Demi terlaksananya Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024, telah j dilakukan Penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS)

| 2 hari lalu
Logo sinaracehbaru.com
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
sinaracehbaru.com Facebook
sinaracehbaru.com Twitter
sinaracehbaru.com Instagram
sinaracehbaru.com YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2024 sinaracehbaru.com
Allright Reserved
IKLAN F1
IKLAN IKLAN IKLAN
CONTACT US PT. Sinar Aceh Baru,
Jl. Kasturi No. 7B Gp. Keuramat Kuta Alam Banda Aceh, 23123
Telp: 08126962239