Kanal

Network

Logo sinaracehbaru.com
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
sinaracehbaru.com Facebook
sinaracehbaru.com Twitter
sinaracehbaru.com Instagram
sinaracehbaru.com YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2024 sinaracehbaru.com
Allright Reserved

Rembuk Stunting dan Rapat Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting di Aceh Selatan

Oleh
Rabu, 27 Desember 2023 - 12:04 WIB

Tapaktuan, SAB: Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB)menggelar Rembuk Stunting dan Rapat Koordinasi penguatan fungsi percepatan penurunan stunting, bertempat di Gedung Rumoh Agam Tapaktuan, Rabu (27/12/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Pj .Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma S.STP, Pj.Ketua TP PKK Aceh Selatan, Unsur Forkopimda, Kepala SKPK, Camat dan Ketua TP PKK Kecamatan, Kepala Puskesmas, Keuchik dan undangan lainnya.

Pj Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma S.STP menyatakan, sampai saat ini stunting masih menjadi permasaalahan nyata yang kita hadapi, sebagaimana data survey studi status gizi Indonesia (SSGI) Kementerian Kesehatan RI, bahwa pada tahun 2022 prevalensi balita Stunting di Kabupaten Aceh Selatan mencapai angka 34.8 persen.

Jika dilihat lebih rinci berdasarkan data elektronik pencatatan dan pelaporan gizi berbasis masyarakat (PPGBM) pada periode Mai 2023 Kecamatan Kluet Utara, Samadua, dan Pasie Raja menjadi tiga Kecamatan dengan angka prevalensi stunting tertinggi dibandingkan Kecamatan lainnya, yakni 41.6 persen, 32.2 persen, 15.8 persen.

Menurutnya, jika masalah ini tidak segera ditanggapi dengan penangan yang tepat maka akan tumbuh menjadi ancaman besar bagi kita semua, salah satunya resiko kehilangan generasi yang sehat dan cerdas, ungkapnya.

Ditambahkan beliau, upaya untuk mendukung terpenuhnya gizi, nutrisi dan kondisi, ideal agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal perlu dilakukan secara berkesinambungan.

Lanjutnya, dalam cakupan yang lebih luas serta dampak yang lebih merata, upaya ini membutuhkan dukungan dari seluruh pihak terkait secara terintegrasi, terencana dan terpadu dengan strategi yang tepat.

Hal ini sesuai peraturan Bupati Aceh Selatan Nomor 62 Tahun 2022, menegaskan dukungan Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan percepatan penurunan stunting.

Dengan demikian, dibutuhkan komitmen para pengambil kebijakan dalam melakukan perencanaan, koordinasi, monitoring dan evaluasi untuk menurunkan stunting di Kabupaten Aceh Selatan, dan juga meningkatkan kapasitas stekholder di tingkat Kabupaten dalam melakukan advokasi, sosialisasi, dan komunikasi interpesonal dalam rangka penurunan angka stunting.

Pj. Bupati berharap “Melalui kegiatan ini hendaknya dapat membangun koordinasi dan komunikasi intensif antar lintas sektor terkait, untuk mendorong terjadinya peningkatan kualitas perencanaan”, ujarnya.

Sementara itu, Ketua panitia kegiatan Sahar Musnan S.Km mengatakan, kegiatan ini bertujuan menegaskan dukungan Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan percepatan penurunan stunting yang berdasarkan peraturan Bupati Aceh Selatan yang ditandai dengan penandatanganan komitmen bersamaPercepatan Penurunan Stunting Kabupaten Aceh Selatan.(*)

Sumber: Diskominfo Asel

Wartawan: Saiful Ameno

 

BERITA LAINNYA

Menanti Pemimpin Aceh Sekelas Prof Ali Hasjmy, Dimurthala, Ibrahim Hasan, dan Syamsuddin Mahmud

Banda Aceh – Sinar Aceh Baru Aceh saat ini menanti sosok Pemimpin yang mampu mengabdi, berkorban tenaga, pikiran, dan waktu

| 59 menit lalu

Dua Pelaku Pidana Narkotika Diamankan Satres Narkoba Polres Aceh Selatan

Tapaktuan – Entah sampai kapan peredaran Narkoba akan berakir.Karena sampai saat ini masih juga ditemukan pelaku penyalahgunaan Narkoba.Seperti kali ini

| 23 jam lalu

Fachrul Razi Bakar Semangat Ratusan Mahasiswa Politeknik Dalam Seminar kewirausahaan

Banda Aceh – Sinar Aceh Baru Senator Fachrul Razi yang juga Ketua Komite I DPD RI bakar semangat mahasiswa Politeknik

| 1 hari lalu

Fachrul Razi Gagas Majelis Pers Aceh (MPA)

Banda Aceh – Sinar Aceh Baru Fachrul Razi Ketua Komite I DPD RI dan Senator Aceh menggagas lahirnya Majelis Pers

| 2 hari lalu

Sekda Kota Langsa Ir. Said Mahdum Majid Launching Klinik Gampong Online Dalam Wilayah Kota Langsa.

Langsa – Sinar Aceh Baru Sekretaris Daerah kota Langsa (Sekda) Ir. Said Mahdum Majid melaunching sekaligus mensosialisasikan aksi perubahan PKA

| 2 hari lalu

Disaksikan Menpora RI Pj Gubernur Aceh Lakukan Penandatanganan PKS Penyelanggaraan PON XXI

Jakarta – Sinar Aceh Baru Demi terlaksananya Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024, telah j dilakukan Penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS)

| 2 hari lalu
Logo sinaracehbaru.com
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
sinaracehbaru.com Facebook
sinaracehbaru.com Twitter
sinaracehbaru.com Instagram
sinaracehbaru.com YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2024 sinaracehbaru.com
Allright Reserved
IKLAN F1
IKLAN IKLAN IKLAN
CONTACT US PT. Sinar Aceh Baru,
Jl. Kasturi No. 7B Gp. Keuramat Kuta Alam Banda Aceh, 23123
Telp: 08126962239