Kanal

Network

Logo sinaracehbaru.com
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
sinaracehbaru.com Facebook
sinaracehbaru.com Twitter
sinaracehbaru.com Instagram
sinaracehbaru.com YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2024 sinaracehbaru.com
Allright Reserved

Terima Tim KPK, Sekdakab Aceh Tamiang Paparkan Sejumlah Kendala dan Solusi

Oleh
Jumat, 3 November 2023 - 02:18 WIB

Kualasimpang, SAB: Sekretaris Daerah, Drs. Asra, menerima kunjungan tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Kabupaten Aceh Tamiang, Senin (30/10/23) siang, di ruang kerja Bupati setempat. Kedatangan tim, dalam program Roadshow Bus KPK dan Road to Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) Aceh Tahun 2023.

Dalam penerimaan yang berlangsung sederhana nan penuh keakraban tadi, Sekda Asra menyampaikan, sedianya yang akan menerima kunjungan tim KPK adalah Pj. Bupati, namun di saat bersamaan, Pj. Bupati, Dr. Drs. Meurah Budiman, SH, MH, mesti mengikuti rapat koordinasi dengan Presiden RI di Jakarta, sehingga dirinya yang menerima tim KPK di Bumi Muda Sedia.

Kepada tim KPK, Sekda Asra banyak bercerita tentang potensi Aceh Tamiang. “Aceh Tamiang ini kaya, atas minyak, bawah minyak. Tapi sayangnya kami tidak bisa memanfaatkan kekayaan ini dengan optimal, karena kami tidak boleh memungut retribusi daerah dari kekayaan alam uang dikelola pihak ketiga dan mayoritas masyarakat ini,” kata Sekda.

“PAD kita relatif kecil pak, hanya sekitar Rp. 125 milyar atau 10 persen dari APBK yang mencapai Rp. 1,2 trilyun. Tapi kalau peraturannya berubah, kami pemda ini diizinkan memungut retribusi daerah atas hasil sawit saja misalnya, saya yakin PAD kami meningkat berlipat-lipat. Melalui kunjungan tim ini, mungkin Bapak dan Ibu sekalian bisa mendorong supaya hal tersebut bisa terealisasi” terang Sekda Asra melanjutkan.

Dalam pada itu, Sekda Asra bercerita sambil mengilas balik kekuatan ekonomi daerah berasal dari sumber daya alam yang ada. Dikatakannya, tahun 1997-1998 saat krisis moneter melanda negeri, para petani dan pembudidaya sektor perikanan justru panen raya. Ini karena ketika itu terjadi lonjakan harga tandan buah segar kelapa sawit dan hasil perikanan seperti udang.

“Pun ketika masa pandemi Covid 19 kemarin. Alhamdulillah ekonomi kita tidak banyak guncangan, walau ada perlambatan,” sambung Asra.

Berbicara mengenai kerawanan bencana, Sekda Asra menjelaskan muasal bencana banjir yang rutin melanda, penyebab, serta penanganannya. Dijelaskan, kondisi sungai yang memiliki sedimentasi tinggi menyebabkan sungai kian dangkal, keadaan ini membuat debit air tidak tertampung ketika intensitas curah hujan tinggi.

“Pendangkalan ini dari hulu hingga muara sungai. Bahkan saat di waktu tertentu, ekskavator bisa menyeberang dari satu sisi ke sisi sungai lainnya karena pendangkalan tersebut,” tukasnya.

Di sisi lain, tutur Asra, keterbatasan anggaran dan kewenangan membuat Pemkab Aceh Tamiang tidak bisa berbuat banyak. “Sungai Tamiang ini di bawah kewenangan dan pengelolaan Pemerintah Aceh. Kami tidak bisa berbuat banyak, karena anggarannya juga terbatas hanya pada penanganan masa darurat kebencanaan,” imbuhnya.

Dikatakan Sekda Asra, saat ini Pemkab Aceh Tamiang dan Pemerintah Aceh sedang berupaya mengajukan supaya Sungai Tamiang dapat dikelola oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian PU. Dengan status tersebut, pihaknya yakin pengelolaan sungai Tamiang serta penanggulangan banjir dapat dilakukan sekaligus dan komprehensif.

Mendengarkan penjelasan Sekda tersebut, Koordinator Tim KPK, Yulianto Sapto mengatakan, pihaknya akan membantu mendorong supaya hal tersebut bisa terwujud. Ia mengatakan, mengawal optimasi pengelolaan anggaran pembangunan daerah adalah salah satu fungsi tugas lembaganya. “Kalau penanganan sungainya komprehensif, kami yakin pengelolaan anggaran daerah yang ada bisa dioptimalkan. Terlebih bila terjalin komunikasi dan koordinasi yang intensif antar stakeholders,” ucapnya.

Sekitar satu jam saling bertukar cerita, rombongan tim KPK akhirnya bergerak meninggalkan Kantor Bupati guna menjalankan agenda berikutnya. Tampak hadir mendampingi Sekda, Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh & Kesra, Muslizar, Asisten perekonomian & Pembangunan, Catur Haryati, Asisten Administrasi Umum, Tri Kurnia, Inspektu Kabupaten, Aulia Azhari, Kepala Dinas Perhubungan, Syuibun Anwar, Kepala Bagian Umum Setdakab, Zubir, dan Kepala Bagian Prokopim Setdakab, Azwanil Fakhri.

Dijadwalkan pada besok, Selasa (31/10) tim KPK akan menggelar program Roadshow Bus KPK dan Road to Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) Aceh Tahun 2023. Program yang digelar mulai pukul 08.00 WIB pagi hingga pukul 12.00 WIB siang besok, akan dihelat di Ruang Sidang Utama DPRK Aceh Tamiang.

Wartawan Wiwin Hendra

BERITA LAINNYA

Dirlantas Polda Aceh Imbau Pengguna Jalan Tol Siapkan Saldo yang Cukup

Banda Aceh — SAB: Masyarakat atau pemudik yang akan menggunakan jalur Tol Sibanceh diimbau agar menyiapkan saldo e-toll yang cukup.

| 9 jam lalu

Hari Kedua Idul Ritri, 1.157 Kendaraan Pemudik Gunakan Tol Sibanceh

Banda Aceh — SAB: Hari kedua lebaran atau hari raya Idulfitri 1445 hijriah, Kamis, 11 April 2024, dari pukul 06.00—12.00

| 9 jam lalu

Sat Reskrim Polres Aceh Selatan Amankan Terduga Pelaku Asusila Terhadap Mahasiswi

Tapaktuan – SAB: Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Aceh Selatan Polda Aceh berhasil mengamankan seorang pria berinisial YY (34), salah

| 2 hari lalu

Kapolres Aceh Selatan Turut Semarakkan Pawai Takbir Keliling Bersama Forkopimda.

Tapaktuan – SAB: Dalam menyambut kemenangan setelah sebulan menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan menyambut Hari raya Idul Fitri 1445 H,

| 2 hari lalu

PJ. BUPATI ACEH SELATAN LEPAS ROMBONGAN TAKBIR KELILING IDHUL FITRI 1445 H

Tapaktuan, SAB: Pj. Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma melepas rombongan takbir keliling dalam rangka  menyemarakkan malam takbiran Hari Raya Idhul

| 2 hari lalu

Penerima Dana PKH Kecamatan Kluet Timur Mengeluh Karena Dananya Tidak Kunjung Cair

Aceh Selatan-SAB: Bukan satu atau dua bulan dan bukan satu atau dua orang warga masyarakat Kluet Timur mengeluhkan dana bansos

| 2 hari lalu

Kapolda Aceh Bersama Forkopimda Aceh Hadiri Pawai Takbir Idul Fitri

Banda Aceh, SAB: Kapolda Aceh Irjen Pol. Achmad Kartiko, S. I. K., M. H, bersama Pejabat Forkopimda Aceh menghadiri pawai

| 2 hari lalu

Dua  Minggu Jelang  Lebaran Banyak Oknum  Kepala Dinas di Aceh Selatan Malas Masuk Kantor

Aceh Selatan-SAB:  Kepala Dinas dan Kepala Bidang di lingkungan pemerintahan Kabu paten Aceh Selatan dalam melaksanakan pelayanan terhadap publik sangat

| 3 hari lalu

Kapolri Pastikan Beri Pelayanan Terbaik bagi Keluarga Korban Kecelakaan Tol Cikampek

Karawang-SAB: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan bahwa seluruh pihak terkait memberikan pelayanan terbaik keluarga korban kecelakaan Tol Jakarta—Cikampek KM

| 3 hari lalu

Dirlantas Polda Aceh Imbau Masyarakat Tidak Gunakan Mobil Bak Terbuka Saat Mudik

Banda Aceh — SAB:  Masyarakat diimbau untuk tidak menggunakan mobil bak terbuka atau mobil angkutan barang untuk mengangkut penumpang dalam

| 4 hari lalu
Logo sinaracehbaru.com
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
sinaracehbaru.com Facebook
sinaracehbaru.com Twitter
sinaracehbaru.com Instagram
sinaracehbaru.com YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2024 sinaracehbaru.com
Allright Reserved
IKLAN F1
IKLAN IKLAN IKLAN
CONTACT US PT. Sinar Aceh Baru,
Jl. Kasturi No. 7B Gp. Keuramat Kuta Alam Banda Aceh, 23123
Telp: 08126962239