Kanal

Network

Logo sinaracehbaru.com
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
sinaracehbaru.com Facebook
sinaracehbaru.com Twitter
sinaracehbaru.com Instagram
sinaracehbaru.com YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2024 sinaracehbaru.com
Allright Reserved

Pj Gubernur Sampaikan Raqan Aceh Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBA TA 2023

Oleh
Selasa, 11 Juni 2024 - 14:36 WIB

Banda Aceh – Sinar Aceh Baru
Selasa (11/6/2024)
Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Bustami, menghadiri Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Rancangan Qanun Aceh Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBA Tahun Anggaran 2023 pada Selasa, 11 Juni 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Bustami menyampaikan terima kasih kepada Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) yang telah mengagendakan rapat ini.

Bustami menyampaikan bahwa laporan pertanggungjawaban ini merupakan informasi terhadap pelaksanaan tugas dan wewenang Gubernur Aceh kepada DPRA dalam kurun waktu satu tahun anggaran, yang disusun berpedoman pada Pasal 320 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, serta Pasal 194 dan 197 Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Bustami menjelaskan bahwa Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBA Tahun Anggaran 2023 merupakan pelaksanaan Rencana Kerja Pemerintah Aceh Tahun 2023.

“Ini adalah salah satu instrumen untuk kepentingan evaluasi kinerja, serta menjadi ukuran tertentu dalam melihat suatu kemajuan rencana, program, kegiatan, dan sub kegiatan sesuai dengan rencana kerja Pemerintah Aceh dalam rangka pencapaian visi dan misi pembangunan,” ujarnya.

Bustami menekankan bahwa rancangan qanun ini telah sesuai dengan prinsip- prinsip pengelolaan keuangan sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 Tahun 2020 Tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah.

Realisasi anggaran belanja 2023 mencapai Rp11,35 triliun atau 97,71%.

Dalam pemaparannya, Bustami menguraikan bahwa Anggaran Pendapatan Aceh pada Tahun Anggaran 2023 ditetapkan sebesar Rp10,37 triliun, sementara Anggaran Belanja ditetapkan sebesar Rp11,62 triliun.

Realisasi anggaran pendapatan mencapai Rp10,57 triliun atau 101,96%, sedangkan realisasi anggaran belanja mencapai Rp11,35 triliun atau 97,71%.

“Pelaksanaan kegiatan Pemerintah Aceh, baik yang berkenaan dengan penggunaan belanja penyelenggaraan pemerintahan maupun belanja pelayanan publik, sangat ditentukan oleh kemampuan Anggaran Pendapatan Aceh yang kita miliki,” jelas Bustami.

Bustami merinci belanja operasi yang direncanakan sebesar Rp8,09 triliun direalisasikan sebesar Rp7,92 triliun atau 97,86%. Belanja modal direncanakan sebesar Rp1,74 triliun dan direalisasikan sebesar Rp1,68 triliun atau 96,32%.

Sementara itu, belanja tidak terduga direncanakan sebesar Rp29,26 miliar, namun hanya terealisasi sebesar Rp34,50 juta atau 0,12%. Belanja transfer yang direncanakan sebesar Rp1,76 triliun berhasil direalisasikan sepenuhnya sebesar 100%.

Pembiayaan Pemerintah Aceh tahun 2023 terdiri dari penerimaan pembiayaan dari Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (Silpa) tahun 2022 sebesar Rp1,30 triliun dan penerimaan kembali investasi non permanen sebesar Rp928,84 juta.

Bustami juga menyampaikan bahwa Pemerintah Aceh berhasil mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas laporan keuangan Pemerintah Aceh untuk kesembilan kalinya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota DPRA dan berharap agar Rancangan Qanun ini dapat diselesaikan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

“Marilah kita berserah diri kepada Allah SWT, mudah-mudahan kehadiran kita dalam mengikuti Sidang Paripurna dengan agenda Penyampaian Rancangan Qanun Aceh Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBA Tahun Anggaran 2023 mendapat taufiq dan hidayah-Nya,” demikian tutup Bustami.

Wartawan Wiwin Hendra

BERITA LAINNYA

Tak Tahan Lihat Kemolekan Anak Tirinya DWK Akhirnya Berurusan Dengan Sat Reskrim Polres Langsa

Langsa – Sinar Aceh Baru Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Langsa telah mengamankan seorang pria berinisial D.W.K. (39) atas

| 3 jam lalu

Sekda Kota Langsa Ir. Said Mahdum Majid Hadiri Peluncuran Tahapan Pilkada tahun 2024

Kota Langsa – Sinar Aceh Baru Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Langsa gelar peluncuran tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun

| 13 jam lalu

Babinsa 11/Brb Sertu Ria Setiawan Bantu Petani Tanam Padi, Wujud Kemanunggalan TNI-Rakyat

Aceh Timur – Sinar Aceh Baru Pendampingan kepada warga di desa binaan sudah merupakan kewajiban Babinsa sebagai aparatur kewilayahan.diwilayah teritorialnya,

| 1 hari lalu

Pemko Langsa Sambut Kepulangan Jamaah Haji Di Lapangan Merdeka Langsa

Kota Langsa – Sinar Aceh Baru Pemerintah Kota (Pemko) Langsa menyambut kepulangan jamaah haji Kota Langsa yang tergabung dalam Kloter

| 2 hari lalu

Polres Aceh Selatan Ikut Berpartisipasi Donor Darah Hari Bakti Adhyaksa Ke- 64 Tahun 2024

Tapaktuan – Kepolisian Resor (Polres) Aceh Selatan Polda Aceh ikut berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial donor darah yang diselenggarakan oleh

| 2 hari lalu

Lewat Jumat Curhat, Kapolres Aceh Selatan Sampaikan Imbauan Kamtibmas Jelang Pilkada

Tapaktuan – Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Aceh Selatan Polda Aceh AKBP Mughi Prasetyo Habrianto didampingi beberapa pejabat utama gelar program

| 2 hari lalu

SMK Negeri 3 Langsa Gelar Yasinan Di Kegiatan MPLS

Kota Langsa – Sinar Aceh Baru Sudah menjadi tradisi di SMK Negeri 3 Langsa menggelar kegiatan membaca Surah Yasin setiap

| 2 hari lalu

Kadispora Aceh “Progres Pembangunan Venue PON di Aceh Capai 90 Persen Lebih”.

Banda Aceh – Sinar Aceh Baru Jelang pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 pada 8 September mendatang, saat

| 3 hari lalu

Abdul Aziz Mahasantri Ma’had Aly Mudi Raih Gelar Duta Pemimpin Indonesia 2024

Foto Abdul Aziz (dok SAB) Pidie – Sinar Aceh Baru Abdul Aziz, putra Aceh, berhasil meraih gelar Duta Pemimpin Indonesia

| 3 hari lalu
Logo sinaracehbaru.com
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
sinaracehbaru.com Facebook
sinaracehbaru.com Twitter
sinaracehbaru.com Instagram
sinaracehbaru.com YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2024 sinaracehbaru.com
Allright Reserved
IKLAN F1
IKLAN IKLAN IKLAN
CONTACT US PT. Sinar Aceh Baru,
Jl. Kasturi No. 7B Gp. Keuramat Kuta Alam Banda Aceh, 23123
Telp: 08126962239