Kanal

Network

Logo sinaracehbaru.com
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
sinaracehbaru.com Facebook
sinaracehbaru.com Twitter
sinaracehbaru.com Instagram
sinaracehbaru.com YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2024 sinaracehbaru.com
Allright Reserved

Pj. Bupati Aceh Selatan Pimpin Rapat Evaluasi Penanganan Bencana Banjir Trumon

Oleh
Jumat, 15 Desember 2023 - 04:06 WIB

Pj. Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S.TTP didampingi Dandim 0107/ Aceh Selatan, Letkol Inf. Faiq Fahmi memimpin rapat evaluasi penanganan bencana alam banjir dan longsor dalam Kabupaten Aceh Selatan di Posko Induk Penanganan Bencana, Kantor Camat Trumon Tengah, Kamis malam (14/12/2023).

Rapat diawali dengan pemaparan data dan informasi penanganan dan pencapaian yang telah dilakukan oleh seluruh kepala OPD dan Stakeholder terkait, ditanggapi langsung Pj. Bupati serta Dandim agar penanganan bencana dapat berjalan sesuai rencana.

Dari pemaparan beberapa SKPK terkait, dalam hal penanganan banjir bandang dan banjir luapan Lae Soraya telah dilakukan secara maksimal termasuk bantuan dari pihak perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Aceh Selatan.

Namun demikian Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan terus melakukan perampungan dan penyelesaian terhadap 5 penanganan prioritas yang sebelumnya telah ditetapkan sesuai dengan data yang diterima.

Menanggapi progres tersebut, Pj. Bupati Aceh Selatan menyampaikan ucapan terimakasih atas sinergi dan kerjasama semua pihak sehingga pencapaian untuk mewujudkan kembali kehidupan masyarakat yang normal dan layak dapat terwujud dengan baik dan sesegera mungkin.

Cut Syazalisma meluruskan tentang adanya pemahaman bahwa penanganan bencana alam di Trumon semata-mata merupakan tanggung jawab BPBD Aceh Selatan, dengan tegas beliau menyebutkan bahwa BPBD merupakan wadah pelaksanaan penanggulangan bencana.

Untuk itu dibutuhkan kerjasama dan dukungan semua pihak baik masyarakat ataupun stakeholder dilingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan maupun badan usaha berkolaborasi agar terwujudnya penanganan yang komprehensif terhadap bencana.

” Semua memiliki peran dalam penanganan bencana, pada saat taggap darurat telah diberlakukan, semua komponen dan sistem memiliki peran masing-masing untuk melakukan penanganan demi terwujudnya kehidupan masyarakat yang normal kembali, ” tegas Cut Syazalisma.

Dalam rapat evaluasi tersebut, Pj. Bupati Aceh Selatan menetapkan mencabut masa berlakunya tanggap darurat bencana, sehinnga terhitung mulai Jumat (15/12/2023) tahapan penanganan bencana alam di Trumon memasuki fase transisi.

” Alhamdulillah, walaupun penuh dengan kekurangan, progres ini dapat kita capai, perjuangan kita masih panjang, usaha kita harus lebih besar untuk memulihkan kondisi yang dialami masyarakat,” tutur Cut Syazalisma.

Dalam kesempatan itubPj Bupati ini juga mengapresiasi Kodim 0107/ Aceh Selatan, Polres Aceh Selatan, Brimob, Kejari dan Forkopimda lainnya dengan penuh keyakinan dan semangat yang tinggi terlibat aktif melakukan serangkaian penanganan baik kepada fasilitas umum maupun kepada masyarakat langsung.

” Mari kita tingkatkan penanganan di masa transisi ini, seluruh komponen, sumber daya yang ada harus proaktif, mendukung dan saling bahu membahu membantu penanganan,” tegas beliau.

Selanjutnya untuk tahapan transisi, Pj. Bupati menginstruksikan agar segera diaktifkan atau difungsikan kembali tempat hunian atau rumah warga, selanjutnya sendi-sendi perekonomian dan kegiatan sosial masyarakat.

” Pembersihan tetap dilanjutkan namun harus terkoordinir dan terkonsentrasi, agar efektif dan efesien, sehinnga kita dapat bekerja dengan target, BPBD segera lakukan proteksi terhadap bencana, siapkan datanya agar cepat ditindaklanjuti,” sebutnya.

Selanjutnya penanganan drainase, sanitasi, pembersihan rumah masyarakat juga akan dilanjutkan pada fase transisi tersebut dengan pola yang lebih terarah dan data yang lengkap untuk selanjutnya dikoordinir dengan jenjang pemerintah di tingkat provinsi dan nasional.

” Tetap semangat, ikhlas dan tingkatkan ketaqwaan kita dalam menghadapi semua ujian yang diberikan Allah, dengan demikian kita akan pulih lebih cepat untuk menyongsong masa depan yang cerah,” pesan PJ. Bupati.(*)

Sumber: Diskominfo Asel

Wartawan: Saiful Ameno

BERITA LAINNYA

Menanti Pemimpin Aceh Sekelas Prof Ali Hasjmy, Dimurthala, Ibrahim Hasan, dan Syamsuddin Mahmud

Banda Aceh – Sinar Aceh Baru Aceh saat ini menanti sosok Pemimpin yang mampu mengabdi, berkorban tenaga, pikiran, dan waktu

| 58 menit lalu

Dua Pelaku Pidana Narkotika Diamankan Satres Narkoba Polres Aceh Selatan

Tapaktuan – Entah sampai kapan peredaran Narkoba akan berakir.Karena sampai saat ini masih juga ditemukan pelaku penyalahgunaan Narkoba.Seperti kali ini

| 23 jam lalu

Fachrul Razi Bakar Semangat Ratusan Mahasiswa Politeknik Dalam Seminar kewirausahaan

Banda Aceh – Sinar Aceh Baru Senator Fachrul Razi yang juga Ketua Komite I DPD RI bakar semangat mahasiswa Politeknik

| 1 hari lalu

Fachrul Razi Gagas Majelis Pers Aceh (MPA)

Banda Aceh – Sinar Aceh Baru Fachrul Razi Ketua Komite I DPD RI dan Senator Aceh menggagas lahirnya Majelis Pers

| 2 hari lalu

Sekda Kota Langsa Ir. Said Mahdum Majid Launching Klinik Gampong Online Dalam Wilayah Kota Langsa.

Langsa – Sinar Aceh Baru Sekretaris Daerah kota Langsa (Sekda) Ir. Said Mahdum Majid melaunching sekaligus mensosialisasikan aksi perubahan PKA

| 2 hari lalu

Disaksikan Menpora RI Pj Gubernur Aceh Lakukan Penandatanganan PKS Penyelanggaraan PON XXI

Jakarta – Sinar Aceh Baru Demi terlaksananya Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024, telah j dilakukan Penandatanganan perjanjian kerjasama (PKS)

| 2 hari lalu
Logo sinaracehbaru.com
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
sinaracehbaru.com Facebook
sinaracehbaru.com Twitter
sinaracehbaru.com Instagram
sinaracehbaru.com YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2024 sinaracehbaru.com
Allright Reserved
IKLAN F1
IKLAN IKLAN IKLAN
CONTACT US PT. Sinar Aceh Baru,
Jl. Kasturi No. 7B Gp. Keuramat Kuta Alam Banda Aceh, 23123
Telp: 08126962239