Kanal

Network

Logo sinaracehbaru.com
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
sinaracehbaru.com Facebook
sinaracehbaru.com Twitter
sinaracehbaru.com Instagram
sinaracehbaru.com YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2024 sinaracehbaru.com
Allright Reserved

Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi Berdiskusi Dengan Amien Rais di DPD RI Bahas Amandemen 1945

Oleh
Senin, 24 Juni 2024 - 20:38 WIB

JAKARTA – Sinar Aceh Baru
Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) mengundang Amien Rais ke Gedung DPD RI Untuk berdiskusi terkait situasi politik dan negara kedepan. Demikian disampaikan Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi yang juga Senator asal Aceh.

Pertemuan Mantan Ketua MPR RI Amien Rais di DPD RI Kantor DPD RI, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (24/6/2024), dipimpin oleh Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti dan beberapa anggota DPD RI bertemu dengan Dalam silaturahmi tersebut, selain membahas kondisi bangsa saat ini dan perbaikannya ke depan, secara khusus juga membicarakan Amandemen UUD 1945.

Mendampingi Amien Rais, turut hadir Ustadz Sambo, Ridho Rahmadi (Ketua Partai Ummat) dan M Nigara. Hadir juga anggota DPD RI dapil Fachrul Razi (Aceh), Senator Banten Habib Ali Alwi, Tamsil Linrung (Sulawesi Selatan), Sekjen DPD RI Rahman Hadi, Stafsus Ketua DPD RI Sefdin Syaifudin dan Dosen Ilmu Politik UI Dr Mulyadi.

Amien Rais menyadari bahwa ada kekeliruan dari Amandemen UUD 1945 pada tahun 1999 hingga 2002 silam.

“Kami di DPD RI berterima kasih atas kehadiran Prof Amien Rais. Sengaja kami meminta ilmu, apa yang harus kami lakukan untuk kembali menerapkan UUD 1945 naskah asli untuk kemudian kita sempurnakan dan perkuat melalui Amandemen dengan teknik Adendum, dengan tujuan mempercepat terwujudnya cita-cita lahirnya negara ini,” katanya.

Dalam kesempatan itu Amien Rais juga menyadari kesalahannya pada saat itu yang melucuti kekuasaan MPR sehingga tidak menjadi lembaga tertinggi yang memilih presiden dan wakil presiden. Dimana kemudian Presiden dipilih langsung oleh rakyat.

“Itulah kebodohan kami dahulu. Karena kami menilai tidak mungkin ratusan juta orang bisa dibeli suaranya dengan uang. Mana mungkin menyogok 120 juta pemilih. Ternyata uang itu tidak masalah. Buktinya dengan 10 trilyunan bisa menyuap rakyat, akibatnya sekarang mental rakyat kita pragmatis dan materialistis,” katanya.

Kepada DPD RI, Amien Rais juga berharap diperkuat. Menurutnya DPD RI saat ini kurang gigi. Padahal DPD RI merupakan lembaga negara yang lebih netral, diisi oleh orang-orang yang tidak dibayangi oleh transaksi politik.

“Mestinya lembaga DPD RI lebih unggul tapi maaf-maaf kok agak disfungsional. Mungkin nanti kalau ada Sidang Umum MPR perlu diberikan kekuatan melalui adendum untuk ikut tentukan masa depan bangsa kita,” paparnya.

Fachrul Razi juga menjelaskan bahwa diskusi terkait persoalan sumber daya alam Indonesia yang telah di kuasai Oligarki termasuk partai politik dan pemerintahan di republik ini. “Ini ancaman besar bagi Indonesia,” tegas Amien Rais.

Fachrul Razi mengatakan bahwa diskusi dengan Amien Rais juga terkait dengan persoalan persoalan dan keadaan politik Indonesia yang berada dalam genggaman kekuatan China dan USA. “Dalam diskusi juga dibahas mengenai dunia digital Indonesia yang sudah di kuasai oleh China, solusinya adalah membangun kemandirian digital tanpa tergantung dengan asing,” tutup Fachrul Razi yang juga mantan aktivis Mahasiswa UI.

Wartawan Wiwin Hendra

BERITA LAINNYA

Kasat Lantas Polres Pidie Bekali Ilmu Tertib Berlalu Lintas Kepada Sopir Dump Truck

Sigli – Satuan Lalulintas Polres Pidie memberikan edukasi tentang tertib berlalu lintas kepada para pengemudi dump truk, sosialisasi tersebut sebagai

| 19 jam lalu

Operasi Patuh Seulawah 2024 Dimulai, Polres Pidie Laksanakan Apel Gelar Pasukan

Sigli – Dalam rangka mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran berlalulintas yang mantap, Polres Pidie melaksanakan apel gelar pasukan Patuh Seulawah

| 19 jam lalu

Tradisi Pedang Pora Sambut Kedatangan Kapolres Pidie yang Baru; AKBP Jaka Mulyana

Sigli – AKBP Jaka Mulyana, S.I.K,. M.I.K resmi menjalankan tugasnya sebagai Kapolres Pidie. Tradisi hormat Jajar di Mapolres Pidie, mewarnai

| 19 jam lalu

Lagi, Seorang Pria Terduga Penyalahguna Narkotika Ditangkap Satres Narkoba Polres Aceh Selatan

Tapaktuan –Tim Opsnal Satuan Reserse Narkoba ( Satresnarkoba )Polres Aceh Selatan Polda Aceh kembali meringkus seorang Pria warga Trumon Tengah

| 19 jam lalu

Kapolres Aceh Selatan Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Seulawah 2024

Tapaktuan, SAB: Bertempat di Lapangan Kantor Bupati Aceh Selatan yang lama, Polres Aceh Selatan melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh

| 19 jam lalu

Selamat Datang Dan Selamat Melaksanakan MPLS 2024 Peserta Didik Baru SMA Unggul CND Langsa

Foto Kepala Sekolah dan Seluruh peserta MPLS 2024 SMA Unggul CND Kota Langsa Bersama master Roly Kota Langsa – Sinar

| 21 jam lalu

Pj. Gubernur Antar Dua Putranya Hari Pertama Sekolah.

Gambar : PJ Gubernur mengantar langsung anaknya pada hari pertama sekolah di SD Al Azhar Cairo Banda Aceh, Senin (15/7/2024)

| 1 hari lalu

Percepatan Masa Tanam Babinsa 11/Brb Sertu Firmansyah Sinaga Bantu Petani Tanam Padi

Aceh Timur – Sinar Aceh Baru Babinsa Sertu Firmansyah Sinaga Anggota Koramil 11/Brb Kodim 0104/A.Tim hari ini, Senin 15-07-2024 turun

| 1 hari lalu

Wujudkan Indonesia Emas Polres Langsa Gelar Apel Pasukan Operasi Patuh Seulawah 2024

Langsa – Sinar Aceh Baru Polres Langsa menggelar apel pasukan untuk Operasi Patuh Seulawah 2024 yang dilaksanakan di lapangan hitam

| 1 hari lalu
Logo sinaracehbaru.com
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
sinaracehbaru.com Facebook
sinaracehbaru.com Twitter
sinaracehbaru.com Instagram
sinaracehbaru.com YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2024 sinaracehbaru.com
Allright Reserved
IKLAN F1
IKLAN IKLAN IKLAN
CONTACT US PT. Sinar Aceh Baru,
Jl. Kasturi No. 7B Gp. Keuramat Kuta Alam Banda Aceh, 23123
Telp: 08126962239