Kanal

Network

Logo sinaracehbaru.com
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
sinaracehbaru.com Facebook
sinaracehbaru.com Twitter
sinaracehbaru.com Instagram
sinaracehbaru.com YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2024 sinaracehbaru.com
Allright Reserved

Aceh Selatan Tampil Memukau dalam Pawai Perahu Hias PKA 8

Oleh
Senin, 6 November 2023 - 01:06 WIB

Banda Aceh, SAB: Kontingen Kabupaten Aceh Selatan tampil memukau pada pagelaran pawai Kapal Hias dalam momen Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke 8 Tahun 2023 yang dilaksanakan di Krueng Aceh, Minggu (05/11/2023).

Sejumlah 18 Kabupaten/Kota menampilkan nuansa terbaiknya pada event budaya Aceh yang digelar 4 tahunan ini, diantaranya Kabupaten Aceh Selatan, Bireuen, Simeulue, Sabang, Aceh Tamiang, Aceh Barat,Aceh Tenggara, Nagan Raya, Aceh Singkil, Aceh Timur, Pidie Jaya, Aceh Utara.

Selain itu perahu hias Kota Subulussalam, Kota Langsa, Aceh Jaya, Aceh Besar, Lhokseumawe, dan Banda Aceh. Dalam acara tersebut dihadiri Pj. Gubernur Aceh beserta forkopimda, Aceh Selatan dihadiri Pj Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma, S.STP yang diwakili Kabag Pemerintahan Surya Dharma, S.STP, M. Si.

Aceh Selatan menampilkan ciri khas ikon daerah tersebut yakni naga dan pohon pala yang dipasang di kepala perahu hias tersebut.

Selain itu, didalam kapal juga dipenuhi dengan rempah-rempah seperti Pala, Nilam, kulit kayu manis, kapu laga pinang dan bahan rempahan lainnya.

Perahu hias yang ditampilkan kali ini mengusung konsep “Jalur Perdagangan Rempah” yang merupakan salah satu armada dagang tempo dulu.

Masyarakat yang menyaksikan diseputaran pinggir Krueng Aceh sangat antusias menyaksikan pawai perahu hias kontingen Aceh Selatan yang menampilkan komoditas rempah-rempah hasil dari kabupaten Aceh Selatan.

Ketua umum PKA ke 8 Aceh Selatan Ilham Sahputra, S.STP melalui Ketua harian Akmal, AH menyampaikan desain perahu yang dihiasi design naga yang terpajang di kepala dan ekor perahu.

Ikon naga yang ditampilkan tidak hanya sebuah hiasan semata melainkan punya makna yang tersirat dan punya histori di kabupaten penghasil pala tersebut.

“Seperti yang diketahui Aceh Selatan merupakan kabupaten penghasil rempah, mulai dari pala, nilam dan banyak yang lainnya,” Ungkapnya.

Akmal AH menambahkan dengan letak geografis wilayah pesisir pantai, Aceh Selatan mampu menyalurkan rempah-rempah lewat jalur laut keseluruhan Nusantara maupun mancanegara.

“Kita punya histori panjang terkait rempah, yang melewati jalur laut hingga sekarang dan masa yang akan datang,” ungkap kadis.

Dalam event PKA 8 ini, Aceh Selatan terus mempersembahkan karya seni budaya terbaiknya dan tetap optimis mempertahankan gelar juara umum.

“Mudah-mudahan PKA ke 8 ini, Aceh Selatan kembali dapat meraih gelar juara umum,”tutup Akmal. (*)

Sumber: Rilis Diskominfo Asel

Wartawan: Saiful Ameno

 

BERITA LAINNYA

Sukses Amankan KTT WWF dan Ikut Promosikan Produk UMKM, Masyarakat Apresiasi Polri

Denpasar – SAB: Pelaku UMKM mengapresiasi Polri dalam pengamanan World Water Forum (WWF) ke-10 yang sedang berlangsung. Selain itu, Polri

| 3 hari lalu

Sapa Pengungsi Banjir Bandang Sumbar, Ketum Bhayangkari Hibur Anak-anak Pengungsi

Jakarta — Ketua Umum (Ketum) Bhayangkari, Juliati Listyo Sigit mengunjungi Posko Pengungsian Banjir Bandang Gunung Marapi di Tanah Datar, Sumatera

| 3 hari lalu

IPW Sebut Langkah Polri Sudah Tepat pada Kasus Vina, Masyarakat Jangan Termakan Hoaks

Jakarta — SAB: Indonesia Police Watch (IPW) menilai langkah Mabes Polri di kasus pembunuhan Vina sudah tepat dan meminta masyarakat

| 3 hari lalu

Bawaslu RI Lantik 1.880 Pegawai PPPK; Salah Satunya Putra Aceh Barat

Jakarta: SAB:  Sejumlah 1.880 orang di Lingkungan Bawaslu dilantik dan diambil sumpah janji sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)

| 3 hari lalu

Kapolda Apresiasi Polresta Banda Aceh; Mampu Tingkatkan Kepercayaan Masyarakat

Banda Aceh — SAB: Kapolda Aceh Irjen Achmad Kartiko mengapresiasi inovasi dan kinerja Polresta Banda Aceh dan jajarannya yang mampu

| 3 hari lalu

Dalam Satu Malam, Satresnarkoba Polres Aceh Selatan Ringkus 5 Kriminal Narkoba

Tapaktuan – SAB: Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Aceh Selatan Polda Aceh terus kibarkan bendera perang terhadap peredaran dan penyalahgunaan

| 4 hari lalu

KTT World Water Forum Aman dan Kondusif, Menteri PUPR Apresiasi TNI-Polri

Denpasar — SAB: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menilai berjalannya World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali sejauh ini berjalan aman

| 4 hari lalu

Orang Asli Papua Antusias Mengabdi pada Bangsa Melalui Penerimaan Anggota Polri

Jayapura — SAB: Proses penerimaan (RIM) terpadu tahun Anggaran 2024 di Papua menarik perhatian banyak pendaftar secara daring hingga mencapai

| 4 hari lalu

Pemkab Aceh Selatan Gelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-116

Tapaktuan, SAB: Pemkab Aceh Selatan Gelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 116 pada Tahun 2024 ini. Upacara berlangsung khidmad

| 5 hari lalu

Satreskrim Polres Pidie Serahkan Tersangka Pembunuh Pedagang Ayam ke Jaksa

Sigli – SAB: Penyidik Satuan Reserse Kriminal Polres Pidie, Polda Aceh menyerahkan N (19), tersangka pidana pembunuhan terhadap pedagang ayam

| 5 hari lalu
Logo sinaracehbaru.com
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
sinaracehbaru.com Facebook
sinaracehbaru.com Twitter
sinaracehbaru.com Instagram
sinaracehbaru.com YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2024 sinaracehbaru.com
Allright Reserved
IKLAN F1
IKLAN IKLAN IKLAN
CONTACT US PT. Sinar Aceh Baru,
Jl. Kasturi No. 7B Gp. Keuramat Kuta Alam Banda Aceh, 23123
Telp: 08126962239